12/13/2016

Cara Menghemat Kuota Internet Android



Internet saat ini telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melalui internet semua informasi dapat mudah kita dapatkan. Tetapi apabila kita ingin setiap saat mengetahui setiap informasi terbaru lewat media online harus bijak menggunakan kuota internet agar tidak cepat habis.
Cara Menghemat Kuota Internet Android


Kuota Internet yang disediakan oleh provider sebenarnya sangat berlimpah, palagi saat ini telah menunjang teknologi 4G. Dengan koneksi internet yang semakin cepat dapat pula menghemat kuota internet yang ada. Tapi lagi-lagi itu tak menjadi permasalahan, walaupun koneksi telah mengalami kemajuan yang pesat, belum tentu menghemat kuota internet anda. Ingin tahu bagaimana cara menghemat kuota internet terbaru ? simak penjelasan kami dibawah ini.

Cara Menghemat Kuota Internet Terbaru


Mengaktifkan Fitur Hemat Data di Browser
Salah satu dampak ketika anda mengakses internet melalui peramban Chrome adalah banyaknya kuota yang akan dihabiskan. Namun, peramban khas Android itu ternyata memiliki fitur Data Saver yang dapat menghemat penggunaan data. Ketika fitur ini diaktifkan, secara otomatis Browser Chrome akan mengurangi ukuran dan gambar yang ditampilkan di perangkat Anda. Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup membuka menu 'Settings' di Chrome, lalu pilih 'Data Saver' dan geser ke posisi aktif.

Mengatur Data Sync (sinkronisasi)
Disaat pertama kali pengguna menggunakan Android akan diminta untuk memasukan akun Google sehingga secara otomatis melakukan sinkronisasi keseluruh layanan. Hal ini dapat membatasi proses sinkronisasi dengan membuka aplikasi 'Setting', pilih 'Accounts' lalu tentukan akun Google yang digunakan. Setelah itu, matikan layanan yang jarang digunakan. Meskipun layanan semacam ini tak menghabiskan begitu banyak kuota internet, keputusan untuk mematikan beberapa layanan agar tak selalu tersinkronisasi juga dapat menghemat daya baterai.

Hapus Aplikasi Facebook
Aplikasi Android sampai saat ini dan diketahui paling banyak menhabiskan kuota internet adalah Facebook. Oleh sebab itu, tak ada salahnya bila anda menghapus aplikasi facebook dari smartphone milik anda, sehingga kuota internet anda akan tetap hemat selama satu bulan. Sebagai alternatif untuk membuka laman Facebook adalah membukanya dengan perambaan kemudian sematkan jalur pintas ke layar smartphone Android.

Batasi Penggunaan Data
Dengan membatasi penggunaan data di beberapa aplikasi merupakan salah satu cara yang cukup efektif digunakan hingga saat ini. Ketika mengaktifkan fitur ini, kebanyakan aplikasi hanya benar-benar berjalan saat ponsel sedang digunakan atau terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Untuk mengaktifkan penggunaan data yang dapat dibatasi yaitu dengan membuka aplikasi 'Settings', kemudan pilih 'Data Usage' kemudian pilih tombol menu di pojok kanan dan pilih 'Restrict background data', lalu centang 'OK'. Data Usage dapat digunakan pengguna untuk memantau data yang sudah digunakan. Selain itu juga, pengguna dapat mengatur dan membuat rencana penggunaan kuota setiap bulannya, termasuk mengaktifkan peringatan ketika penggunaan sudah mendekati batas maksimal.

Batasi Update Aplikasi
Apabila anda menggunakan aplikasi Google Play Store, setidaknya akan terus mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan setiap saat tentang aplikasi yang mendapatkan pembaharuan. Adanya pembaharuan atau update ini dapat memotong kuota internet yang besar. Untuk mengatasi hal tersebut lakukan perubahan pada Play Store caranya dengan pilih menu 'Settings' lanjutkan dengan memilih 'Auto-update apps' kemudian ganti menjadi 'Auto-update apps over WiFi Only'. Dengan begitu kuota internet anda tidak cepat habis, sebab setiap aplikasi Android yang mendapatkan update terbaru hanya akan diperbaharui jika terkoneksi dengan Wi-Fi.

Batasi Streaming Video
Menonton video di YouTube memang menyenangkan, tapi jangan kaget apabila kuota internet anda cepat habis. Streaming video adalah salah satu layanan yang membutuhkan kuota internet data dalam jumlah besar. Bila ingin menghemat kuota internet di Android, sebaiknya hindari menonton streaming video menggunakan koneksi seluler. Sebagai Alternatif, menonton streaming atau mengunduh video yang diinginkan ketika terhubung ke Wi-Fi. Jika memang harus menonton via koneksi seluler, dapat dilakukan dengan melakukan perubahan pada kualitas video. Biasanya pada YouTube terdapat pilihan antara 270p hingga 1080p. Semakin rendah kualitasnya, ukuran data yang dibutuhkan per detik pun semakin kecil.

Cara menghemat kuota diatas sering digunakan para pengguna smartphone Android. Selain menghemat data juga dapat Menghemat Baterai Tetap Awet.

Demikian Cara Menghemat Kuota Internet Android Terbaru, semoga melalui beberapa langkah diatas kuota internet yang anda miliki tidak cepat habis. Salam.

2 comments

ini nih yang sangat penting mas hihi , sering boros kuota kan :D di tunggu kunjungan baliknya tutor

ok mbak tini. makasih berkenan berkunjung


EmoticonEmoticon